Rabu, 16 Juni 2010

RESIGURU.


Penyebutan gelar Resiguru dalam sejarah Sunda hanya diberikan kepada tiga orang tokoh, yaitu Resiguru Manikmaya (Raja di Kendan -sekarang Nageg Cicalengka-, 536-568M), Resiguru Demunawan (di Saunggalah I/Kuningan, awal abad 8M) dan Resiguru Niskala Wastu Kancana (Raja di Kawali, 1371-1475M). Resiguru adalah gelar yang sangat terhormat bagi seorang raja yang telah membuat menurunkan suatu “AJARAN” (philosophy grondslag, the way of life) yang menjadi pedoman hidup bagi keturunannya.

Resiguru adalah musik yang kami usung sebagai sebuah kesatuan antara ethnic,dreampop (ambience) dan experimental lain nya. Musik kami ini ingin membuktikan bahwa unsur tradisional dalam sebuah musik modern sebenarnya masih bisa diciptakan. Dengan format yang sebenarnya cukup sederhana, seperti gitar bass drum dan tambahan mellody chorus reverb yg mendekati suara kecapi dan sedikit diperkuat oleh tambahan additional musik karinding.

Musik dari Resiguru sedikit mendapat pengaruh dari musik a la Guruh Gypsy, namun ethnic yang kami perkuat adalah melody daminatila : Sunda.
Kedua, yang menjadi influence kami adalah musik ambience dari Sigur Ros. Kami mengamati dalam musik nya, ada experimental suara2 alam seperti suara gelas air dll (dengan additional yg kini membentuk kelompok musik Amiina).
Ketiga, Musik kami mendapat referensi dari lagu The beatles yang berjudul Strawberryfields forever dan I'm The Walrus. Dalam lagu tersebut mereka memasukan unsur reverse dan suara2 absurd pada akhir lagu. Itu mengapa dalam lagu "Collapse" kami memasukan suara2 tawaan,air,kaca pecah,telefon dll. Kami mencoba untuk memperkuat konsep musik "ambience" kami, yaitu mengajak pendengar untuk merasakan alur/flow lagu dari suara yg tenang dan lembut menjadi keras dan absurd.

Resiguru adalah musik yang bisa menjadi pilihan kepada para pendengar yang sudah bosan dengan adanya 'pengkotakan' musik major atau indie itu sendiri.
Kami tidak menyebut musik kami pop yang kemudian hari akan populer. Atau Dreampop yang populer secara perlahan.
Kami hanya mendeskripsikan musik kami sebagai kesatuan referensi yang membentuk unsur baru.
Ethnic-Dreampop-Shoegaze-Postrock-Psychadelic-Emo-Postpunk-blabalblaa.

Yap. Silakan nilai musik kami menurut persepsi anda sendiri :)


for listening&downloading our music "collapse.mp3" :
http://www.filefactory.com/file/b1ff0ef/n/Collapse.mp3-_RESI_GURU.mp3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive